Selasa, 09 Desember 2014

Trik Membuat Blog Dengan Wordpress Supaya Optimal

Bagi para pengguna internet yang baru menggunkanan cms WordPress mungkin anda akan cukup kesulitan saat anda baru pertama kali menggunakan cms dengan plaform ini. untuk itu di sini saya akan membagikan Trik Membuat Blog Dengan Wordpress, saya akan membahas lima cara WordPress yang akan sangat berguna bagi anda pengguna baru.

5 Trik Menggunakan Wordpress Supaya Optimal


  •   Buatlah Jadwal Untuk Menulis Artikel

Kebanyakan para blogger mencoba untuk mengikuti jadwal penerbitan. Mereka berusaha posting satu bulan sekali, satu minggu sekali dan ada juga yang sampai sekali sehari. Di WordPress, Anda bisa  menjadwalkan posting artikel dengan menseting pada waktu dan tanggal tertentu, sehingga Anda tidak lagi perlu berada di depan komputer Anda setiap waktu ketika pos akan ditayangkan. Berikut ini caranya.
  1. Didalam menu administrator atau biasa disebut backend WordPress, anda bisa pergi ke tampilan Edit untuk artikel posting yang ingin Anda jadwalkan.
  2. Di sebelah kanan atas halaman, anda dapat mencari kotak dengan judul “Publish,” di mana Anda akan menemui sebuah tombol pilihan dengan tulisan “Publish segera.”
  3. Kemudian Klik “Edit” teks yang berada di samping “Publikasikan segera” dan kemudian pilih bulan, tanggal, tahun serta waktu yang Anda inginkan untuk postingan anda akan diterbitkan. perlu di ingat untuk menggunakan waktu.
  4. Setelah itu Klik tombol “OK”.
  5. “Publikasikan Segera” text akan berubah menjadi “Jadwal”, dengan waktu dan tanggal yang Anda telah seting.
  6. Setelah itu, klik tombol “Jadwal” tombol (Yang sebelumnya bempunyai tesx “Publish”).
  • Ubah Page Anda dan Blog Post URL

WordPress pada umumnya dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk membuat URL halaman atau posting, tapi kadangkala Anda harus mengset ulang setingan URL pada Wordpress. Berikut merupakan contoh yang paling umum digunakan apabila Anda ingin mengubah URL.
  1. Apabila halaman atau posting URL Anda berisikan karakter khusus seperti ini : %, &, $, @, atau *. Karakter ini menyebabkan sulit bagi mesin pencari semisal Google untuk membaca serta dapat menjadikan kendala bagi browser.
  2. Judul halaman atau Posting Anda yang terlalu panjang serta berisi kata-kata tidak dioptimalkan untuk pencarian. Contohnya, jika kita menulis artikel yang disebut “Trik Membuat Blog Dengan Wordpress” WordPress dapat secara otomatis menghasilkan URL ini: “Trik-Membuat-Blog-Dengan-Wordpress“Search engine lebih memilih URL pendek.
Apabila Anda mempunyai halaman atau posting URL yang baru dan tidak cocok dengan salah satu dari dua masalah di atas, begini cara untuk mengubahnya.

  1. Anda masuk Pada backend WordPress, kemudian menuju ke layar Edit untuk halaman atau posting yang akan anda edit.
  2. Tepat bagian bawah judul, klik tombol abu-abu bertuliskan “Edit” tombol tersebut berada di sebelah permalink. Jika bukan bertuliskan “Edit,” Anda akan melihat tombol bertuliskan “Perubahan Permalinks,” Anda dapat mengklik tombol tersebut dan kemudian klik “nama Post” kemudian tombol radio pada “Permalink Settings” halaman. terus klik tombol biru bertuliskan “Simpan Perubahan”. Setelah itu Kembali ke halaman atau posting yang akan diedit dan Anda dapat melihat tombol bertuliskan “Edit”.
  3. Ketika Anda melakukan klik “Edit,”, URL akan menjadi kotak teks, dan anda siap untuk untuk mengubah. kemudian hapus karakter khusus dari setiap kata-kata yang bisa membuat peringkat mesin pencari Anda menurun . Itu berarti kata-kata yang umum digunakan seperti “a,” “atau,” “dalam” dan “.” Seperti saya disebutkan di atas, dan akan berubah menjadi “Trik-Membuat-Blog-Dengan-Wordpress“. Pastikan Anda juga harus memisahkan setiap kata dalam url dengan memberi tanda minus (-).
  4. Kemudian Klik tombol “OK”.
  5. Dan setelah itu Klik “Publish” atau “Update” tombol yang dipakai untuk menyimpan perubahan konfigurasi Anda.
Apabila Anda menulis konten atau mengelola blog, Anda mungkin sering menggunakan editor WordPress. Akan tetapi banyak orang tidak tau fitur yang ada pada editor tersebut. Cobalah anda gunakan tips di bawah ini untuk dapat mempercepat alur kerja Anda serta menghilangkan salah ejaan.

Spellcheck di Editor WordPress
Ini merupakan langkah sederhana yang sering diabaikan banyak orang. Jika Anda ingin memeriksa Ejaan dalam konten Anda, anda dapat mengklik tombol yang mempunyai tanda centang dengan text “ABC” di bagian atas. Jika Anda tidak menulis dalam bahasa Inggris, Anda dapat memilih bahasa Anda memakai panah drop-down di samping tombol “ABC.”
  • Cara Embed  Tweet, Video dan Media Lainnya

Banyak orang tidak tahu WordPress dapat dengan mudah menanamkan konten dari situs-situs populer seperti YouTube, Vimeo, Twitter, Hulu, Flickr dan Viddler.
  1. Anda dapat menempatkan kursor Anda di bagian manapun yang ingin dimasukkan video, gambar, tweet serta jenis media lainnya. Media akan dapat memasukkan dimanapun Anda menempatkan kursor tersebut.
  2. Anda dapat menuju ke situs sumber media kemudian copy URL untuk media yang Anda ingin kan untuk dimasukkan.
  3. Kemudian Sekarang anda kembali ke editor WordPress lalu pastekan URL ke area konten utama halaman anda. Pastikan itu pada baris sendiri.
  4. Apabila URL yang Anda sisipkan muncul di area konten utama editor sebagai link aktif biasanya berwarna biru, Anda harus menghapusnya. Anda klik dalam teks URL, dan kemudian klik ikon link yang rusak yang berada dibagian atas area konten utama.
  5. Lalu Klik “Preview Perubahan” pada tombol di kanan atas halaman anda bisa memastikan media apakah sudah tertanam dengan benar atau masih belum. Apabila berhasil anda bisa melihat media tersebut disana.
  6. Apabila media Anda sudah muncul dengan benar selama Anda masukan tadi, anda kembali ke editor lalu klik tombol “Update” atau bisa juga “Publish” Apabila ukuran media yang dimasukan terlihat off, Anda perlu menyesuaikan ukuran media tersebut.
  • Mengubah Post Authors Blog


Beberapa orang dapat menulis untuk situs Anda, dan menampilkan artikel sesuai dengan penulis, Cara ini bisa diterapkan untuk banyak pengguna dalam satu situs WordPress, kemampuan Wordpress untuk mengubah posting penulis tersembunyi secara default. anda dapat mengubahnya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana untuk dapat mengubah penulis untuk tiap artikel di WordPress Anda.
  1. Anda dapat menuju ke layar Edit untuk posting blog yang memerlukan perubahan.
  2. Kemudian pada bagian kanan atas halaman, klik tab “Screen Options” dan kemudian daftar pilihan drop down.
  3. Setelah itu centang kotak yang mempunyai Text “Penulis.” dan sebuah kotak baru pada halaman harus menampilkan berjudul “Penulis” dan berisi kotak drop-down untuk memilih penulis posting.
  4. Setelah itu pilih penulis dari tombol drop-down. Jika belum terdaftar, Anda dapat menambahkan sebagai pengguna.
  5. Kemudian klik tombol “Update” atau “Publish” untuk menyimpan posting di bawah penulis baru.
Sekian Trik Membuat Blog Dengan Wordpress Supaya Optimal

2 komentar: