Senin, 19 Januari 2015

Mengetahui 24 Macam Kerusakan Komputer Dan Cara Memperbaikinya


Sebagian pengguna komputer baik itu PC atau Laptop pernah mengalami perangkat mereka bermasalah, baik masalah atau kerusakan tersebut disebabkan oleh kesengajaan atau ketidak sengajaan, berikut ini saya akan merangkum beberapa macam kerusakan yang sering terjadi pada PC dan solusinya. Dengan saya menulis artikel ini semoga dapat membantu anda mengatasi masalah - masalah yang sering anda temui pada perangkat Komputer anda.



Dari pengalaman yang saya peroleh ada 24 Macam kerusakan Komputer yang sering kita alami antara lain sebagai berikut :

1. Komputer tidak bekerja sama sekalai atau komputer tidak mau hidup. 


Menurut saya kejadian tersebut biasanya disebabkan oleh banyak faktor, dan kemungkinan kerusakan tersebut bisa anda diaknosis dengan cara mencek and ricek :
  • Koneksi kabel yang terhubung dari power outletnya ke tombol power pada PC 
  • Funsi dari Stabilizer apakah komponent ini berfungsi dengan baik atau tdak dalam hal ini jika memakai stabilizer
  • Kabel power yang terdapat pada CPU 

Apabila permasalahan diatas belum juga terselesaikan kemungkinan besar kerusakan terjadi pada komponent Powes Supply atau bisa juga Mainboard.

2. Perangkat Komputer anda hidup akan tetapi komputer tidak mau melakukan proses Booting 


Biasanya permasalahan ini bisa didiagnosis dengan cara mengenalai bunyi beeb yang dikeluarkan oleh komputer, berikut tanda atau kode beeb dan diagnosis kerusakannya, 
  • Tanda Beep 1 kali, itu tanda bahwasanya kondisi dari perangkat komputer baik,
  • Tanda Beep 1 kali panjang, biasanya terdapat permasalahan pada komponent memory 
  • Tanda Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek, biasanya terjadi kerusakan pada komponent VGA card
  • Tanda Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek, biasanya terjadi kerusakan pada DRAM parity.
  • Beep terus menerus, ini merupakan tanda kerusakan pada modul memory atau bisa juga pada memory video
Selain dengan kode diatas anda bisa menggunakan software dianosa misalnya sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll

3. Komputer bisa melakukan proses Booting akan tetapi selalu mengalami proses boot “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8) 


Permasalahan ini bisa kita atasi dengan merestart kembali komputer kita, apabila masih belum menyelesaikan permasalahan install ulang Sistem Operasi, dan apabila masih belum bisa terselesaikan juga biasanya terjadi kerusakan pada Hard Disk, anda bisa mengecek kondisi hardisk dengan menggunakan sofwate scan disk

4. Komputer sering mengalami Hang 


Biasanya ini terjadi karena disebabkan crash pada software, untuk mengatasinya anda 
Anda bisa tekan ctrl + alt + del kemudian pilih program yang mengalami crash tadi biasanya ada keterangan "Not Responding" kemidian anda klik End task pada program tersebut atau bisa juga dengan merstart Komputer. selain itu permasalahan juga bisa disebabkan adanya penambahan yang mengakibatkan terjadinya konflik, biasanya konflik antar hardware sering ditemui apabila Anda memakai sistem operasi windows, anda juga bisa melakukan install ulang sistem operasi windows anda, akan tetapi yang perlu anda perlu ingat sebelum anda menreinstall sistem operasi windows anda, jangan lupa untuk melepaskan hardware baru anda, setelah anda instal anda bisa memasang kembali hardware tadi dan melakukan scant hardware dengan fasilitas “add new“ hardware yang biasanya terdapat pada menu control panel.

5. Komputer tidak mau mengenali perangkat Keyboard 

Untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa mencek apakah keyboard yang anda ada pasang sudah terpasang dengan benar ?,  apabila anda sudah memasang dengan benar tetapi masih juga komputer tidak mendeteksi perangkat keyboard anda kemungkinan permasalahannya pada keyboard anda anda bisa mencoba untuk mengganti keyboard dengan yang lain. dan apabila masih belum bisa ada kemungkinan terjadi kerusakan pada port komputer anda, anda bisa mengganti menggunakan port USB apabila port PS2 anda tidak dapat bekerja dan sebaliknya, tetapi kalau masalah masih belum terselesaikan juga anda bisa mengganti atau mengistall ulang Sistem Operasi Komputer Anda.

6. Komputer tidak dapat mengenali Mouse.

Permasalahan ini hampir sama dengan permasalahan pada point 5, anda bisa menerapkan langkah - langkah pada point 5.

7. Terjadi permasalahan pada Mouse Pointer, ( Pointer selalu meloncat - loncat )

Hal ini biasanya terjadi dikarenakan Mouse yang anda pakai kotor, bersihkan mouse anda, atau apabila anda menggunakan mouse optik biasanya hal ini disebabkan oleh alas mouse yang tidak rata, goyang, atau bisa juga alas yang anda gunakan permukaannya mengkilap.

8. Sering terjadi Crash pada perangkat Komputer Anda.


Permasalahan ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, anda bisa mengecek semua posisi harware, kabel,serta tegangan pada casing, kemudian anda bisa juga mengecek suhu pada CPU dan juga cek Ram, VGA dan juga Processor.

9. Produsen MetherBoard tidak dikenal 


Permasalah bisa anda atasi dengan membuka casing, kemudian anda cek CPU anda biasanya pada sebuah Maintboard terdapat sebuah label Produsen serta spesifikasi dan tipe dari Mainboardnya, selain itu anda juga bisa melihat pada manual book yang disertakan pada waktu anda baru membeli perangkat tersebut, perlu diingat juga pada waktu anda membeli perangkat jangan lupa untuk meminta manual book pada toko tempat anda membeli perangkat tersebut. selain itu anda bisa mencari data mengenai perangkat komputer Anda melalui internet, kemudian anda cocokan dengan ID yang biasanya terdapat pada stiker Maintboard  Anda. anda juga bisa mengunjungi situs www.fcc.gov/oet/fccid, untuk mencari daftar nomor ID yang biasa dikeluarkan oleh lembaga perijinan untuk perangkat - perangkat elektonik di Amerika, anda bisa juga menggunakan software diagnosis seperti sandra99 dll.

10. Password BIOS Lupa 


Permasalahan ini juga sering dialami oleh sebagian besar orang, untuk mengatasi permasalahan tersebut anda bisa mencabut battray cmos pada CPU anda, selain itu anda juga bisa mencobamenebak beberapa password default untuk produsen - produsen bios saya ambil contoh untuk  AMI dan AWARD (contoh : AMI_SW, AMI, A.M.I, ALLY, 589589 dll)

11. Settingan tanggal dan Jam pada BIOS Berubah-Rubah 


Kerusakan ini biasanya disebabkan olej battery CMOS yang sudah mati, Anda dapat mengganti battray CMOS dengan menggunakan battray yang baru.

12. Menambahkan perangkat baru pada Komputer. 


Apabila anda menambahkan Hardware Baru, biasanya komputer akan mescant harware tersebut dan apabila sistem operasi sudah support dengan hardware tersebut biasanya anda akan langsung dapat menggunakan Hardware tersebut, akan tetapi apabila hardware tersebut tidak dikenali, kemungkinan besar bios anda sudah lama, sehingga tidak dapat mengenali hardware terbaru, anda bisa mengatasinya dengan cara mengupdate BIOS anda. dengan mendownload di internet disini saya merekomendasikan Anda untuk mengunjungi situs www.windrivers.com

13. Cara Melacak Kerusakan yang terjadi pada Card Maintboard.


Untuk dapat melacak Card anda bisa melakukannya dengan mencabut kemudian menancapkan kembali ke beberapa card yang terdapat pada Maintboard anda, apabila proses booting berhasil maka komponent card anda tidak mengalami masalah begitu juga sebaliknya. apabila proses booting gagal berarti ada kemungkinan Card yang Anda pasang bermasalah.

14. Processor Baru Tidak Terdeteksi 


Permasalahan ini bisa anda selesaikan dengan mengecek apakah prosesor yang anda pasang sudah tertancap dengan benar, anda bisa mengcek juga posisi jumper pada processor, untuk masalah ini bisa anda periksa di buku manualnya.

15. Mengalami Crash Setelah RAM Baru Terpasang dan Tidak Terdeteksi

Permasalahan ini biasa terjadi setelah Anda memasang RAM Baru kemungkinan permasalahan ini diakibatkan RAM tidak kompatibel dengan perangkat komputer anda, cara mengatasinya cabut ram Anda dan pasang kembali.

Pastikan slot pada perangkat komputer anda sesuai dengan jenis RAM, contohnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM.

18. Virtual Ram Bermasalah


Untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa melakukan langkah sebagai berikut :

Pertama anda klik Klik kanan icon My computer, kemudian anda pilih propertis, selanjutnya anda pilih tab Performance dan klik VIRTUAL MEMORY - dari sini anda dapat memilih item let me specify my own virtual memory setting (artinya anda pilih HD yang akan digunakan sebagai virtual memory) - Kemudian klik OK

19. Monitor Tidak Hidup 


Permasalahan kerusakan Monitor memang sering kita jumpai pada perangkat komputer kita, dan Cara mengatasi kerusakan pada monitor yang tidak mau hidup adalah sebagai berikut :

Anda pastikan semua kabel yang tertancap pada power ataupun konektor yang tersambung dengan monitor sudah ok, kemudian anda pastikan juga pin port VGA dapat masuk dengan sempuran serta kondisi pin tidak ada yang bengkok,satu dari pin VGA tidak masuk bisa dipastikan Monitor anda tidak dapat menyala, selain itu anda dapat memastikan juga VGA card anda ok

20. Tampilan Monitor Gelap Saat Loading Windows.


Permasalahan seperti ini biasanya disebabkan oleh setup driver untuk monitor tidak tepat bisa settingan frekuensinya yang terlalu tinggi, untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa masuk terlebih dahulu ke dalam kondisi safe mode dengan menekan tombol F8, kemudian anda install ulang driver VGAnya.

21. Tampilan Komputer Tiba-Tiba Menjadi Rusak Dan Komputer kemudian Hang 


Biasanya permasalahan ini terjadi dikarenakan suhu VA card terlalu panas, anda bisa menambahkan Kipas pendingin untuk mengatasi hal tersebut.

22. Ukuran Tampilan monitor Tidak Sesuai.


Cara mengatasi permasalahan ini adalah anda bisa masuk ke menu display propertis, klik kanan pada semabrang tempat di dekstop kemudian pilih propertis, setelah itu anda tekan tab setting dan atur ukuran tampilan sesuai keinginan Anda (pada screean area).

23. Saat Digunakan Monitor Berkedip.


Untuk masalah ini anda dapat masuk ke display propertis (klik kanan sembarang tempat pilih propertis), kemudian anda dapat Tekan tab setting kemudian klik advance,setelah itu Anda dapat mengklik adapter, pada bagian ini ditampilkan refresh raet yang diinginkan.

24. Tidak Terdeteksinya Sound Card Baru pada Komputer.


Biasanya permasalahan ini disebabkan oleh terjadinya  Crash Soundcard dengan sound card yang lama, anda bisa mengecek pada manual booknya, apakah untuk memasang Soundcard baru harus mematikan soundcard on boardnya atau tidak, jika hendak menginstall ulang soundcard yang baru, untuk mematikan Souncard On Board biasanya bisa dimatikan dengan menset jumper atau bios.

35 komentar:

  1. mksih,, postingan sgt bermanpaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ,,.,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Hapus
  2. makasih ,postinganx sangat membantu ,visit me http://blogtekno-zhulachmad.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Terimakasih unt pembahasan tentang kerusakan komputer. Semoga blognya tambah rame. Salam kenal. Maaf Numpang promo pak kali aja ada yang cari 'service komputer panggilan surabaya' . terimakasih pak admin.

    BalasHapus

  4. Pingin Kerja!! Tapi Ga punya Keterampilan... :'(??
    Silahkan untuk mengikuti pelatihan kursus komputer
    Ditempat kami. cara nya daftar di http://www.setkom.sch.id/
    Atau Bisa Hubungi 089-505-818-296

    BalasHapus
  5. makasih banyak infoya gan ;)
    http://pcngadget.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  6. makasih banyak infoya gan ;)
    http://pcngadget.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  7. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi blog http://sewalaptopsby.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Yang nomor 11 pernah saya alami gan.

    bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    BalasHapus
  9. thx gan info tentang mengetahui 24 macam kerusakan komputer

    kunjungi web saya gan
    http://reviewhw.com

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas turitorialnya izin kami share,kunjungi kami http://www.itbriscorhorizon.com/

    BalasHapus
  11. laptop ane kok speed download nya gk mau naik mentok 300kbps knpa ya gan

    BalasHapus
  12. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer
    berpengalaman dengan tim professional dan terpercaya .

    Lucky Computer Solution siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda
    dengan solusi layanan service komputer panggilan atau langsung datang ke toko kami. Layanan service komputer panggilan
    yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. Tidak tembus monitor

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 120.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda,

    anda bisa langsung hubungi call service kami di :
    081-220-769-974
    Utarakan keluhan dan permasalahan anda dan buatlah perjanjian dengan teknisi kami untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda
    dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda .
    ( Catatan : LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang.)
    untuk penanganan service komputer panggilan, kami kenakan tarif transportasi sebesar 30rb.
    Jadi total keseluruhan biaya untuk service panggilan adalah 150rb semua permasalahan komputer/laptop anda teratasi !!
    Lokasi toko/kantor kami di JL.Terusan Srimahi No 21 dan anda juga bisa mencari lokasi kami dengan mudah
    melalui Google Maps dengan pencarian : Lucky Computer Solution

    BalasHapus
  13. halo semua kita Dewi Ahmad pemberi pinjaman perusahaan pinjaman dapat diandalkan dan dipercaya selama lebih dari 46 tahun di bidang pinjaman yang Anda seorang pengusaha yang Anda pedagang atau Anda memiliki perusahaan yang yang untuk memperbesar pantai atau Anda memiliki mimpi untuk membangun kredit Anda bisnis, akan ketidakstabilan keuangan benar atau Anda di mana menolak pinjaman oleh bank kemudian mencari tahu sebagai Dewi Ahmad lender menawarkan pinjaman dari semua jenis pada tingkat yang paling menarik dari 2% untuk semua jenis kredit dan ke setiap tempat di dunia dan kami memberikan out hingga 5 miliar dari mata uang di dunia jangan lewatkan kesempatan ini untuk mencapai impian keuangan Anda hanya dengan tingkat bunga 2% dan dewi pemberi pinjaman akan memberikan mimpi keuangan Anda menjadi kenyataan hubungi kami hari ini untuk aplikasi pinjaman Anda di
    (Dewiahmad.loanfirm@gmail.com) untuk formulir aplikasi pinjaman Anda hari ini dan akan mendapatkan setiap hal yang dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam
    terima kasih untuk dukungan Anda Tuhan memberkati Anda

    BalasHapus
  14. infonya sangat bermanfaat dn membantu saya menulis konten baru saya gan.....saya ingin akan membagi informasi konten ini di konten baru saya di 7 kerusakan umum pada komputer dan cara memperbaikinya (Info and Fix) . Terima kasih ya gan ^^ tolong di cek dan lakukan umpan balik ya jika ada waktu ...terima kasih

    BalasHapus
  15. artikel yang baik. kunjungi jga http://palopotech.blogspot.co.id/2016/11/masalah-pada-komputer.html

    BalasHapus
  16. siipp blog yg membahas artikel serupa

    Tipsdancarahan.blogspot.com

    BalasHapus
  17. artikel nya sangat bermanfaat gan. apalagi untuk ane yang masih newbie dan belajar tentang kerusakan pada komputer.
    di tunggu kunjungan baliknya gan Tips dan Trik

    BalasHapus
  18. terimah kasih atas solusi yang diberikan salam kenal
    jgn lupa berkunjung
    http://syaruni.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. Asa loan lending company are ready to loan you any amount you need to start up your personal business. we give out loan at 3% interest rate, also if you want to buy house on monthly installment we can also sell house for you. so Kindly apply for agricultural farming loan. if you need loan contact our email:asaloantransfer@gmail.com, you can also contact this email:finance_institute2015@outlook.com, There could be many reasons why you need access to some extra cash – from unexpected car or home repairs to paying for your wedding or a special holiday. But whatever you need it for, when you borrow between $5,000 USD to 100.000 USD above.

    Company specialization.
    1) We give out loan at 3% interest rate.
    2 )We can also buy you a house of your choice in any of your choice location

    BalasHapus
  20. Kalo punya saya masalahnya namanya PageCoFire pada aplikasi penjelajah dan semua hitam tidak bisa buat apa apa,hanya mouse doank yg bisa di gerakin apaya masalahnya dan gimana cara mengatasinya

    BalasHapus
  21. Kalo punya saya masalahnya namanya PageCoFire pada aplikasi penjelajah dan semua hitam tidak bisa buat apa apa,hanya mouse doank yg bisa di gerakin apaya masalahnya dan gimana cara mengatasinya

    BalasHapus
  22. terimakasih info nya sangat lengkap :D

    BalasHapus
  23. Nama saya Mia Fitriani adalah warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 4 kreditur internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberi saya pinjaman dan semua gagal, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet tidak berdaya, saya menemukan kesaksian seorang wanita bernama INDRIATY MANIRJO, yang juga dibodohi oleh kreditur pinjaman palsu, namun akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman legit bernama MAGRET SPENCER LOAN COMPANY dimana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya. , Jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya telah dibodohi oleh 4 kreditur yang berbeda.

    Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya untuk memberi saya pinjaman kepada perusahaan tersebut dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan semua permintaan dari saya dan kepada Tuhan menjadi kemuliaan saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp50.000.000 dari perusahaan besar ini (magretspencerloancompany@gmail.com),

    Dikelola oleh Nyonya Magret Spencer, jadi saya sangat senang hari ini karena MAGRET SPENCER LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya.

    Jadi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan membagikan karya bagus dari Mrs. MAGRET SPENCER. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi perusahaan Email di atas dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dengan 24 jam dan ini adalah Email saya {miafitriani133@gmail.com}.

    BalasHapus
  24. Gan, saya gatau ini pc saya kenapa, kemarin pas saya mau nge reset ulang mempry di komputer pc saya, semua berjalan lancar, habis meng optimize kan, pc tiba tiba mati, ketika saya hidupkan, pc hidup seperti biasa, kemudian muncul home yg menunjukkan hari dan tanggal, ketika mau menggunakan keyboard, keyboard tidak berfungsi, begitu juga mouse, bahkan saya sudah mengganti mouse dua kali, kira kira pc saya kenapa ya?
    Mohon bantuannya ya gan

    BalasHapus
  25. Askm..
    bos pc saya bila on selapas 3-4 second off sendiri kemudia dia on sendiri balik dan off sendiri. Berulang ulang kali mcm tu tak sempat start up.. kenapa ya

    BalasHapus
  26. Terima kasih atas penjelasannya :v

    BalasHapus
  27. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Telepon / SMS: +1 (985)465-8370
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    BalasHapus