Rabu, 10 Desember 2014

Cara Membuat Blog Gratis Dengan Wordpress dan Blogspot

Blogging merupakan sebuah aktifitas yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia sekarang ini terutama bagi mereka yang hobbi berselancar didunia maya. Dengan munculnya Bloger baru yang mempunyai cara dan ciri penulisan yang berbeda- beda untuk menciptakan artikel yang bermanfaat . Apabila anda berniat untuk mendaftar dan membuat sebuah blog, Sekarang ini banyak kita jumpai platform yang bisa kita gunakan, misalnya: Blogger, WordPress, Webs, Tumblr, Weebly, Jigsy, dan masih banyak lagi yang lain. Namun, saya memperhatikan banyak dari blogger Indonesia memakai  Blogger (blogspot) dan WordPress. Untuk itu disini saya hanya membahas mengenai cara membuat blog menggunakan Blogspot dan Wordpress. dan kalau nanti anda kembangkan menjadi bisnis online itu malah sangat bagus.

Perlu diingat bahwasanya saya membuat artikel ini bertujuan shering terutama bagi mereka yang belum tau mengenai cara membuat blog, baik menggunakan Wordpress ataupun Bloger. Jadi, apabila anda sudah mengerti mengenai caranya, saya menyarankan agar tidak membaca artikel ini lagi. Nah, untuk anda yang belum memahami cara buat blog di Wordpress ataupun Blogger saya persilahkan untuk melanjutkan membaca, oh yaaa jangan lupa menyiapkan makanan ringan dan minuman karena artikel ini sangatlah panjang.

Sebelumnya, saya akan memberi tahu terlebih dahulu bahwasanya kedua layanan ini – Blogger dan WordPress – merupakan layanan gratis untuk pembuatan blog. Namun, walaupun kedua platform ini memberikan layanan gratis untuk kita, keduanya tentu memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain. Untuk itu, teman teman harus mempelajari apa saja yang merupakan kelebihan dan kekurangan dari kedua platform ini agar nanti dapat menentukan platform yang mana yang cocok untuk Anda.
  • Membuat Blog Gratis Menggunakan WordPress (WP)

    CMS WordPress bisa anda gunakan dengan domain dan hosting sendiri atau bisa digunakan secara gratisan. Namun, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat blog di WordPress.com gratis, dimana semua layanan baik hosting ataupun domain kita bisa menikmati dengan gratis pula. dan berikut ini adalah langkah langkahnya :
    1.  Pertama anda harus membuka situs Wordpress.com untuk yang versi bahasa indonesia anda bisa masuk ke alamat id.wordpress.com.
    2. Setelah anda masuk pada halaman WordPress, anda bisa masukan alamat web yang anda inginkan misalnya blogkita.wordpress.com kemudia klik "buat situs web" perlu diingat juga apabila situs yang anda daftarkan sudah terdaftar maka anda harus mencari alternatif nama situs lainnya. Lihat gambar di bawah ini:
    3. Kemudia akan muncul tampilan halaman baru. dan ada halaman ini, Anda harus mengisikan kolom-kolom yang telah disediakan, misalnya alamat email, nama pengguna (untuk login), password, serta alamat blog. 
    4. Alamat Email      : Anda isi dengan menggunakan alamat email Anda
      Nama Pengguna  : Anda bisa menggunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: anton001), ini nanti digunakan untuk user name ketika anda akan login ke Dashboar Wordpress
      Password             : isi dengan menggunakan password yang kuat serta mudah untuk diingat
      Pastikan alamat blog: Jangan lupa cek ulang alamat untuk blog Anda, misalnya “Blogkita.wordpress.com”
      Jangan lupa juga untuk mengklik link yang mempunyai tulisan “akan menggunakan alamat yang gratis”
      Setelah anda pastikan tidak ada yang kosong, klik tombol “Buat Blog” yang letaknya ada di bagian bawah.
    5. Setelah itu anda akan menerima email dari pihak WordPress yang isinya adalah link  untuk verifikasi ke email Anda. anda buka email Anda yang dikirim oleh pihak wordpress tersebut, kemudian klik link yang ada di dalam email tersebut. Lihat gambar
    6.  Setelah anda melakukan verifikasi melalui email yang dikirimkan oleh pihak wordpress dengan cara anda melakukan sesuai dengan penjelasan pada langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti anda akan menemui tab baru di browser dan kemudia Anda akan melihat tampilan dashboard WordPress milik Anda. Lihat Gambar

      Cara mengaturan, dan Trik Desain serta Posting di Blog WordPress

      Sebenarnya sampai langkah di atas anda sudah mempunyai sebuah blog WordPress. Anda juga bisa melihat tampilan blog anda dengan cara mengetikkan alamat blog yang suda anda daftarkan tadi melalui browser. Namun, saya yakin anda akan merasa tidak cocok dengan tampilan standart atau default dari WordPress. saya menyarankan Anda untuk memulai melakukan beberapa settingan pada blog Wordpress anda, dengan cara membuat judul blog, deskripsi singkat, mengganti themes, membuat tag line, memasang widget dan lain-lain.


      Apabila anda berniat untuk membuat pengaturan pada blog WordPress, Anda dapat melakukannya pada dashboard WordPress, dengan cara membuka tombol link “Pengaturan“. Pada bagian ini akan ditemui beberapa sub-sub kategori menu yang bisa digunakan untuk pengaturan. Dan menurut saya pribadi, yang terpenting pada bagian ini adalah pengaturan : umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini saya akan menjelaskan secara singkatnya:

      • Umum: Pada bagian pengaturan ini Anda dapat mengganti judul blog anda dengan judul sesuai dengan selera atau keinginan anda, serta menambahkan tag line kedalam blog Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukan berbagai pengaturan lainnya pada tampilan halaman ini, semisal anda akan menambahkan ikon yang bisa dipakai untuk blo, anda berkeinginan mengganti format tanggal dan waktu. dan jangan lupa juga untuk menyimpan perubahaan yang sudah Anda lakukan.
      • Menulis: Pada halaman ini Anda dapat membuat pengaturan mengenai tulisan, serta memilih kategori tulisan standar.
      • Membaca: Di halaman ini Anda dapat mengatur tulisan yang akan ditampilkan pada halaman utama blog Anda. Anda juga dapat membuat halaman statis maupun dinamis, tapi disini saya menyarankan dikarenakan ini adalah blog maka alangkah lebih baiknya apabila Anda dapat menampikan halaman secara dinamis. Pada tampilan halaman ini Anda dapat juga menentukan jumlah artikel yang akan ditampilkan pada halaman utama, dan masih banyak pengaturan yang lain-lain. Apabila Anda tidak berminat untuk setingan khusus, saya menyarankan biarkan saja settingan pada halaman ini secara standart atau Default
      • Diskusi – Pada tampilan halaman ini Anda dapat mengatur bagaimana pengunjung bisa berkomentar di blog yang Anda buat. Apabila Anda tidak mempunyai keinginan yang khusus, alangkah baiknya dibiarkan saja sesuai settingan default pada halaman tersebut

       Cara Desain Blog WordPress 
       
      • Tema: Pada pengaturan ini Anda dapat memilih tema,theme atau template yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Di situs resmi WordPress.com anda bisa menemukan banyak sekali template wordpress gratisan ataupun yang berbayar yang mempunyai tampilan menarik. Perlu diperhatikan karena disini anda kan membuat blog gratis, jangan memilih template premium, anda pilih saja template yang gratisan.
      • Widget: Pada Pengaturan Widget Di sini Anda dapat menambahkan dan mengurangi beberapa widet yang Anda inginkan, Widget yang anda pasang akan terlihat di bagian sidebar pada blog Anda. dan perlu juga di perhatikan, anda jangan terlalu banyak memasang widget karena akan berpengaruh pada kecepatan loading blog Wordpress Anda.
      • Menu: Disini Anda dapat menambahkan link yang digunakan untuk membuat menu. menu disini digunakan untuk mempermudah pengunjung untuk mencari artikel yang anda buat, Misalnya Anda berkeinginan untuk membuat halaman halaman kontak, about, privacy policy, dan lain-lain, Anda dapat membuatnya di halaman ini.

       Cara Posting Konten di WordPress

      Nah sekarang adalah Langkah selanjutnya yaitu cara membuat postingan Konten atau artikel. Untuk memposting sebuah konten atau artikel lainnya, bisa melalui tombol link dengan text “Tulisan”. Perhatikan link yang berada pada dashboard Anda:
       
      • Semua Tulisan: ini merupakan link yang dapat anda gunakan untuk melihat semua artikel postingan yang ada di blog Wordpress Anda.
      • Tambah Baru: ini merupakan link yang dapat anda gunakan untuk membuat  konten atau postingan baru di blog Wordpress Anda.
      • Kategori: ini Merupakan link yang dapat digunakan untuk melihat serta menambah kategori baru pada blog wordpress Anda.
       Untuk dapat membuat postingan artikel pada blog WordPress.com menurut saya pribadi sangat mudah, bahkan saya beranggapan jauh lebih mudah jika dibandingkan anda membuat dengan menggunakan platform lain. tetapi yang harus Anda perhatikan adalah pada halaman untuk membuat konten adalah :

      • Judul konten: Anda buat judul sesuai dengan isi konten yang akan anda posting.
      • Halaman konten: Anda dapat menambahkan artikel atau konten dalam bentuk text (artikel), animasi, gambar, serta video di halaman ini.
      • Menu formating: Perhatikan menu formating yang ada di halaman kerja WordPress. Anda bisa menambahkan link, mengatur text, mengganti warna text, menambah gambar dan video, dan lain-lain.
      • Kategori dan Tag: Anda jangan sampai lupa untuk membuat kategori serta tag untuk setiap artikel atau konten Anda. hal ini akan mempermudah Anda dan pengunjung blog Anda untuk dapat melihat konten dengan kategori tertentu serta tag tertentu.
      • Apabila Anda sudah yakin dengan artikel yang Anda buat, anda dapat mengklik klik tombol “Terbitkan” yang letaknya berada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.
       

    Stelah anda membaca dan mempelajari penjelasan yang disampaikan diatas, tentunya sekarang Anda sudah siap dan bisa membuat blog WordPress sendiri. Langkah - langkah diatas memang sangat sederhana, dan apabila Anda berkeinginan membuat tampilan blog Wordpress lebih menarik lagi, Anda dapat berkreasi dengan lebih jauh lagi. Tetapi, perlu diketahui bahwasanya WordPress.com memberikan keterbatasan pada penggunanya dalam merubah kode-kode html yang ada di dalam blog WordPress.
    Sebagai Catatan :

  • Apabila anda masuk ke dalam dashboard blog WordPress Anda, anda dapat menuliskan alamat blog Anda di url browser dengan cara menambahkan /wp-admin. sebagai Contoh blogkita.wordpress.com/wp-admin, kemudian masukkan alamat email/username serta password Anda. Alamat EMail/Username dan password ini sebelumnya telah Anda buat dari awal ketika anda mendaftarkan blog di WordPress.com.
  • Anda Simpan username dan password yang sudah ada dengan baik, sehingga mempermudah penggunaan ketika Anda berkeinginan untuk login ke blog Wordpress Anda.
     .
  • Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot) Gratis

    Sekilas mengenai Blogger.com merupakan situs Web 2.0 milik raksasa internet Google. Anda juga bisa membuat blog gratis dengan menggunakan platform blogger, anda bisa menggunakan hosting gratis dan subdomain juga bisa dengan menggunakan hosting gratis di blogger dan domain anda sendiri. Pada artikel ini saya akan mengupas cara membuat blog gratis di Blogspot dengan menggunakan subdomain serta hosting gratis di Blogger.com.

    Tetapi sebelum anda membuat blog gratis di blogger, saya sarankan Anda untuk mendaftar atau memiliki akun email dari Google mail tentunya ini juga gratis. Hal tersebut akan dapat mempermudah proses pendaftaran blog Anda, untuk tutorial mengenai Pembuatan Email nanti saya akan posting, ok sekarang langsung saja kita akan membahas mengenai cara membuat blog di blogspot, ikuti langkah langkah dibawah ini:


    1. Langkah pertama tentunya anda harus membuka situs resmi Blogger.com, anda bisa mengklik alamat berikut untuk dapat membuka Blogger dalam versi berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com 
    2. Kemudia anda akan melihat tampilan halaman untuk dapat masuk ke akun Google. setelah itu masukkan akun email Gmail yang sebelumnya sudah anda buat dan kemudian masukan password ke kolom yang tersedia, lalu anda klik tombol bertuliskan“Masuk”.kalau kurang jelas Lihat gambar
    3. Kemudian, Anda akan menemui tampilan baru, di mana pada tampilan tersebut Anda akan melihat akun yang sudah anda buat di Google termasuk juga foto profile di EMail dan juga Google plus (bila anda sudah mendaftar), kemudian klik tombol yang bertuliskan“Lanjutkan ke Blogger”. disini anda akan diarahkan ke tampilan halaman untuk pembuatan blog. Lihat gambar
    4. Kemudia anda klik tombol “Blog Baru” yang letaknya ada pada tampilan halaman tersebut, setelah itu akan muncul pop up pembuatan blog pada blogspot. anda hasus mengisi kolom - kolom yang sudah disediakan dan kemudia anda pilih themes atau template default yang ingin anda gunakan di blog. Kemudia Isikan kolom - kolom tersebut tersebut dengan data - data yang anda inginkan:
    • Judul: Anda dapat mengisinya dengan judul sesuai dengan keinginan anda, misalnya “Ceritaku”
    • Alamat: Disini anda dapat mengisinya dengan Alamat blog Anda sesuai dengan keinginan anda, misalnya “ceritaku.blogspot.com”
    • Pilih Template: Anda bisa memilih tampilan Templete standart atau default dari blogger ada 7 buah, anda pilih salah satunya dari daftar yang ditampilkan.
    • kemudian klik tombol dengan tulisan “Buat blog!”

    Cara Desain, Pengaturan, Serta Posting di Blogger.com

    Sebenarnya Sampai step 4 ini, anda sudah selasai dan sudah mempunyai blog di blogger, akan tetapi blog anda masih standart dan perlu melakukan pengaturan selanjutnya, disamping itu juga belum ada sama sekali artikel atau konten yang ditampilkan. disini Anda bisa saja langsung membuat artikel baru kemudian melakukan settingan blog anda lebih lanjut untuk atau pun sebaliknya.

    Cara Pengaturan dan Desain Blog di Blogger 

    Berbeda dengan blog yang menggunakan wordpress untuk mengatur blog pada blogspot. Pada halaman administrator atau biasa disebut dashboard Blogger Anda dapat melakukan pengaturan dengan lebih lanjut dengan cara meng-klik tombol“Opsi Lainnya” yang berbentuk tanda panah ke bawah. kemudian anda akan menemui drop down, link yang menuju halaman-halaman lain yang berada di Blogger. Lihat gambar
  • Sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger:
    1. Ikhtisar: Merupakan Data statistik mengenai blog Anda, antara lain jumlah pengunjung, jumlah artikel dan jumlah postingan.
    2. Pos: merupakan Daftar konten yang sudah anda ditulis, dan sudah anda diterbitkan, juga konten yang masih berbentuk draft.
    3. Laman: Merupakan Halaman statis misalnya page pada WordPress. Fasilitas ini biasanya digunakan oleh para bloger untuk membuat halaman About, TOS, dan lainya.
    4. Komentar: Pada halaman ini, Anda dapat melihat kompntar - komentar yang masuk. Anda dapat juga mengedit dan bahkan menghapus komentar yang tidak anda inginkan.
    5. Google+: Merupakan akun media sosial dari Google yang dapat anda gunakan pada blog anda.
    6. Statistik: Merupakan Data mengenai trafik pengunjung ke blog Anda.
    7. Tata Letak: Pada bagian ini Anda dapat mengatur layout blog Anda, serta anda bisa menambahkan dan mengatur posisi dari widget.
    8. Template:  Merupakan menu yang digunakan untuk mengatur, mangganti serta memodifikasi tampilan atau template blog anda.
    9. Setelan: Digunakan untuk mengatur setelan blog anda misalnya pengaturan banyak artikel yang ditampilkan pada halaman utama, pengaturan mengenai bahasa yang digunakan, serta pengaturan mengenai komentar apakah akan dimoderasi terlebih dahulu atau tidak. 

     Cara Posting Konten di Blogger

    Untuk membuat postingan konten pada Blogger sebenarnya caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Membuat judul Artikel: anda buat judul secara singkat saja karena blogger akan membatasi jumlah karakter dalam judul postingan.
  • Masukkan konten atau artikel lain kedalam halaman konten yang sudah ada atau disediakan oleh blogger. disini konten berbentuk text, gambar, dan juga video dapat Anda memasukkan.
  • Anda juga bisa menambahkan link, mengganti text format , dan sebagainya, dengan menggunakan bantuan formating menu yang terletak di bagian bawah judul konten.
  • Isi kategori / label tentunya harus sesuai dengan artikel yang Anda buat, kemudian klik tombol “Selesai” biasanya terdapat dibagian bawah kolom label.
  • Tidak hanya di Wordpress di blogspot Anda juga dapat menjadwalkan waktu kapan posting konten tersebut dipublikasikan tentunya sesuai dengan keinginan anda, anda juga bisa membuat menambahkan lokasi, tautan permanen,  bahkan anda dapat juga menambahkan pilihan lainnya sesuai kebutuhan Anda.
  • Apabilia Kontent yang Anda buat sudah selesai dan anda sudah yakin, Anda dapat mengklik tombol “Publikasikan”. dan Konten Anda sudah online serta bisa dibaca oleh pengunjung blog anda.

Sebagai Catatan :
  • Untuk dapat login ke halaman dashboarb Blogger, Anda cukup hanya menggunakan email dari Gmail yang pada pendaftaran tadi digunakan.
  • Anda Simpan alamat email Gmail serta password Anda dengan sebaik - baiknya, agar supaya mudah digunakan kembali ketika anda ingin login ke Blogger.
Sekian tutorial singkat cara membuat blog Gratis dengan menggunakan platform WordPress dan Blogger. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang belum mempunyai dan mengerti cara mendaftar atau membuat blog gratis. Apabila ada hal yang belum bisa dimengerti anda dapat mengirimkan pertanyaan pada halaman komentar dibawah ini, Terima kasih.

Sumber Maxmanroe

9 komentar:

  1. mantap gan imfonya bisa kami terimah gan karna aku belum mahir untuk pasarkan lewat SEO gan.
    sepatu converse

    BalasHapus
  2. Wah makasih ya atas infonya, ternyata gitu to caranya masang...Itu untuk blogspot dan wordpress sama ya gan??
    Salam kenal dari Pembicara Internet Marketing Bandung ya..

    BalasHapus
  3. All @ Terima kasih semuanya yaaa, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. Lengkap bgt euy panduannya, terima kasih banyak pak guru. Nggak berat lagi blognya mantaaaaappppppp!!!

    BalasHapus
  5. artikelnya bagus gan kunjungi juga website saya di Cara Membuat Blog Gratis dari BLOGSPOT arga yudha web
    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/cara-membuat-blog-gratis-blogspot/
    Tag Cara Membuat Blog Gratis dari BLOGSPOT
    Salam, arga yudha adhiprama

    BalasHapus
  6. Cara buat wordpress Dengan Mudah, bisa di baca selangkap nya di,
    http://favouritenewss.blogspot.co.id/2016/05/pokerpelangipoker-bandar-q-bandarqq.html


    dan Ada juga Hadiah 80Jutaan,hanya Cukup Mengikuti Kontes SEO...
    WELCOME TO "THE MASTER SEO",bisa di baca selangkapnya,
    http://favouritenewss.blogspot.co.id/2016/05/pokerpelangipoker-bandar-q-bandarqq.html atau



    Favouritenewss: PokerPelangi. Poker | Bandar Q | BandarQQ | Domino 99 | DominoQQ | Bandar99 | Bandar Poker Paling Terpercaya
    :D :D :D

    BalasHapus
  7. Asa loan lending company are ready to loan you any amount you need to start up your personal business. we give out loan at 3% interest rate, also if you want to buy house on monthly installment we can also sell house for you. so Kindly apply for agricultural farming loan. if you need loan contact our email:asaloantransfer@gmail.com, you can also contact this email:finance_institute2015@outlook.com, There could be many reasons why you need access to some extra cash – from unexpected car or home repairs to paying for your wedding or a special holiday. But whatever you need it for, when you borrow between $5,000 USD to 100.000 USD above.

    Company specialization.
    1) We give out loan at 3% interest rate.
    2 )We can also buy you a house of your choice in any of your choice location

    BalasHapus